Menemukan Buah Langka Indonesia

Buah mentengIndonesia memiliki aneka buah yang unik dan nikmat. Sayangnya beberapa buah asli Indonesia ini sudah mulai langka. Walau beberapa buah langka ini enak untuk disantap, rupanya kelangkaannya itu juga akibat nilai ekonominya yang tak seberapa.

Sebut saja buah Menteng. Popularitas buah Menteng tak seharum kawasan mewah Menteng di Jakarta. Padahal Menteng (Baccaurea dulcis) merupakan buah asli Indonesia. Menteng termasuk dalam marga Baccaurea yang umumnya berbentuk pohon atau perdu, bertajuk lebar, tinggi15 – 30 m. Tanamannya dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0 – 500 m dpl. Menteng mempunyai keunggulan karena berbuah sangat lebat dengan musim berbunga dan berbuah berlangsung setiap tahun. Musim buah biasanya mulai Januari – Maret. Bentuk buah bulat, kulit berwarna kuning sampai oranye.

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia sebetulnya sangat cocok sebagai penghasil buah-buah tropis yang jumlahnya sangat banyak. Ironisnya, produksi buah di Indonesia pun tak sanggup memenuhi kebutuhan dalam negeri, sehingga Indonesia juga harus mengimpor buah-buahan dari negara tetangga.

Lebih ironis lagi adalah keberadaan tanaman buah asli Indonesia yang beberapa diantaranya sudah mulai langka, atau berpotensi punah. Guna mengembalikan popularitas buah asli  Indonesia, Taman Wisata Mekarsari memiliki program pengembangan tanaman buah langka. Pohon buah ini ditanam pada satu area khusus, sehingga selain dapat tumbuh dan berkembang, keberadaan pohon buah langka ini dapat dinikmati pengunjung taman wisata. Di taman ini, kita dapat melihat langsung buah-buahan langka di Indonesia. Beberapa buah itu tumbuh subur dan berbuah. Sayangnya, hasil  buahnya tak dimanfaatkan maksimal. Berikut ini beberapa buah langka Indonesia yang ada di Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Jawa Barat.

Buah kawistaKawista

Di Indonesia, Kawista tergolong sebagai buah eksotik dengan bentuk bulat, warnanya putih sedikit coklat kehijauan. Buah yang berasal dari India ini mirip sekali dengan bola batu dan saat sudah masak, aromanya sungguh wangi menggoda. Di Rembang dan sekitarnya, populasi Kawista masih cukup banyak. Di sana buah ini menjadi bahan dasar sirup kawista. Di beberapa daerah di Jawa biasa disebut sebagai Kawis, sedangkan di Bali pohon ini dinamakan Kusta.

Buah munduMundu

Mundu (Garcinia dulcis) merupakan tanaman buah yang bertajuk rimbun dengan tinggi pohon mencapai 10 -13 m. Tanaman ini merupakan asli Indonesia dan banyak terdapat di Jawa dan Kalimantan. Di Kalimantan, Mundu dikenal dengan nama baros dan jawura. Entah karena kebutuhan atau karena buah ini juga terdapat di Jawa Barat, nama buah ini juga dijadikan nama tempat, seperti Cijawura di Bandung, Baros di Cimahi, Kampung Mundu di Ciamis dan Kecamatan Mundu di Cirebon.

Buah rukemRukem

Rukem (Flacourtia rukam) adalah nama pohon penghasil buah yang juga merupakan tanaman asli Indonesia. Keberadaan Rukem mulai langka karena pohon ini ditanam sebagai tanaman pekarangan, bukan tanaman budidaya buah komersial. Buah ini unik, untuk memakannya, buah harus digigit-gigit dulu untuk menghilangkan rasa sepat.

Buah matoaMatoa

Matoa (Pometia pinnata) memiliki tajuk rindang dengan akar yang kuat dan tinggi tanaman rata-rata18 m. Buah Matoa adalah buah khas asli Papua. Umumnya berbuah sekali setahun. Berbunga pada bulan Juli – Oktober dan berbuah 3 – 4 bulan kemudian. Penyebaran buah Matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1.200 m dpl. Rasa buahnya sangat manis, dan mirip perpaduan rasa leci, rambutan, dan lengkeng.

Buah kepelKepel

Kepel (Stelechocarpus burahol) adalah pohon buah yang menjadi flora identitas DI Yogyakarta. Dulunya, Kepel digemari puteri keraton-keraton di Jawa, karena dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam. Buah Kepel juga dipercaya mempunyai berbagai khasiat kecantikan dan menjadi deodoran bagi putri keraton zaman dulu. Di lingkungan keraton Jawa, Kepel memiliki nilai filosofi sebagai perlambang kesatuan dan keutuhan mental dan fisik. Namun,karena lebih banyak ditanam di lingkungan keraton, buah ini pun menjadi langka. Tak banyak orang mengenalnya. Padahal buah ini manis rasanya dan wanginya khas.

Buah bisbulBisbul

Bisbul (Diospyros philippensis) dikenal juga sebagai Velvet Apple (Inggris) atau Buah Mentega. Walau bukan asli Indonesia, pohon buah ini ditemukan di Bogor, Jawa Barat sebagai tanaman pekarangan. Bisbul sudah cukup lama dikenal dan banyak tumbuh di Bogor. Sudah lebih dari seratus tahun tumbuh di Bogor Selatan. Masyarakta setempat termasuk pedagang buah, sudah menganggap buah ini sebagai buah khas dari daerah Bogor.

Sumber : Sriwijaya Magazine, edisi 26/tahun III/April 2013

Tagged with: , , , , , , , , , , , , ,
Posted in Tanaman Hortikultura

5 comments on “Menemukan Buah Langka Indonesia

  1. dita on propecia prices official said:

    bagussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss
    banget buah-buhannyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  2. agus on said:

    Adakah yg tahu di mn saya dapatkan bibit tanaman kawista?
    terima kasih.

  3. Rudy Hinratno Suryi on said:

    Dimana alamatnya kalau mau membelinya macam macam tanaman langka yang tertera di sini terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>