Manfaat dan kandungan petai

http://themending.org/real-viagra-canada/Banyak orang yang membenci buah ini, tapi tidak sedikit yang menyukainya. Bagi orang yang membencinya beranggapan bahwa petai tidak pantas dimakan karena menimbulkan aroma yang tidak sedap. Tapi tahukah bahwa petai memiliki kandungan zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh, bahkan nilai gizinya sekelas apel. Perbandingannya, dalam petai terkandung protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, serta dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Selain mengandung antioksidan, petai juga dapat meningkatkan kemampuan belajar anak dan menghilangkan depresi.

Tanaman petai (Parkia speciosa) berupa pohon dengan ketinggian 5 – 25 m. Dalam dunia tumbuhan, tanaman ini diklasifikasikan ke dalam famili Fabaceae, sub famili Mimosaceae. Bagian dari buah yang paling penting untuk dimanfaatkan adalah bijinya. Tiap 100 g biji mengandung 142 kkal sehingga merupakan sumber energi yang baik. Dua porsi petai mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

Petai mengandung tiga macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Selain itu, tiap 100 g biji petai memiliki kandungan vitamin C sebanyak 46 mg, dan vitamin A sebanyak 200 IU. Petai juga mengandung beberapa senyawa kimia yang dapat digunakan untuk pengobatan. Beberapa manfaat petai dalam pengobatan antara lain :

  • Sebagai obat depresi. Buah petai mengandung trytophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin suatu zat yang dapat membuat relaks dan memperbaiki mood.
  • Kandungan vitamin B6 yang dikandung petai mengatur kadar gula darah yang dapat membantu mood wanita yang sedang mengalami premenstrual syndrome (PMS).
  • Zat besi yang terdapat dalam buah petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi. Buah tropis ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam sehingga dapat memerangi tekanan darah tinggi.
  • Petai dapat menormalkan kembali sistem pencernaan dan mengatasi sembelit karena kandungan serat yang tinggi pada biji petai.
  • Bagian dalam kulit petai dapat mengurangi rasa gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk. Caranya dengan menggosokan ke daerah bekas gigitan nyamuk.
  • Buah petai mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.
  • Petai dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

Sumber : Majalah reps edisi Maret 2010

 

Tagged with: ,
Posted in Info Kesehatan, Tanaman Hortikultura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>